Minggu, 23 Juni 2013

Jalan-jalan Bersama Penguru RW, RT dan Warga

Untuk mengakrabkan suasan antara Pengurus RW, Pengurus RT dan sebagian warga RW 03, pada hari Minggu, 19 Mei 2013 diadakan kegiatan jalan-jalan bersama dan bakar ikan di Pantai Samudra Baru, Karawang, Jawa Barat.

Acara yang diikuti oleh 38 orang tersebut digagas oleh Cak Robi selaku sie K3 (Keamanan, Kebersihan dan Kenyamanan) dan Pak Mardi selaku Ketua RT 03 RW 03. Bermula dari obrolan ringan para bapak-bapak yang biasa ngumpul di Sekretariat RW 03, bahwa sebaiknya antara Tim Keamanan RW, Pengurus dan warga harus tetap dipupuk kekompakannya, selain itu juga Tim Keamanan RW 03 yang jumlahnya 5 orang, sekali-sekali perlu diajak refreshing untuk penyegaran dari rutinitas kerja.

Cak Robi kemudian berkoordinasi dengan  Pak Suhud, ketua RW yang langsung meng"amini" usulan positif itu. Untuk biaya jalan-jalan dan bakar ikan tersebut, dikenakan biaya Rp 50.000 per orang. Namun untuk Tim Linmas dan beberapa warga tidak dipungut biaya alias gratis.


Pendataan peserta dan mobil warga yang akan diikut dilakukan oleh Cak Robi. Karena ini benar-benar insiatif warga, tidak sulit mengumpulkan 50 orang dan 8 mobil pribadi. Untuk memastikan tempat dan juga memesan ikan bakar, Cak Robi, Pak Mardi dan 3 orang bapak-bapak lainnya terlebih dahulu melakukan survei ke lokasi.

Pada hari H keberangkatan, semua peserta dan kendaraan berkumpul di depan Pos RW 03. Pada pukul 7.30 WIB perjalanan dimulai dengan melewati rute Cibitung - Cikarang - Lemah Abang - Rengas Dengklok - Pantai Samudra Baru.

Karena hanya refreshing, tidak ada acara formal yang dilakukan dalam kegiatan tersebut. Tiba dipantai, peserta diberi kebebasan untuk bermain di sekitar pantai, ada yang nyayi karokean, ngopi, tiduran dll. Sementara itu panitia sudah memesan ikan bakar, cumi bakar dan tentu saja nasi putih, kepada pemilik warung yang berjajar di bibir pantai tersebut.

Sebelum zuhur, ikan bakar sudah matang dan terhidang di meja makan warung. Kemudian acara makan bersama yang ditunggu-tunggu pun tiba. Karena perjalanan yang lumayan jauh, dengan sekejap hidangan diatas meja ludes, ikan kakap dan cumi bakar yang semula sangat menggoda dan beroma sedap, hanya tersisa tulang belulang diatas piring-piring.... "Inilah serunya jalan-jalan bersama, makan pun jadi enak, kalau di rumah belum tentu makan seenak ini" kata pak Jasman, ketua RT 10.

"Asyik kan pak, nanti warga se RT 03  akan diajak jalan-jalan kesini, pasti warga saya suka semua" kata pak Mardi ketua RT 03 menambahkan.

Setelah waktu zuhur tiba, kemudian peserta menuju Mushalla yang berada di dekat pintu masuk pantai untuk shalat zuhur berjamaah yang di imampi oleh ustad Fadli Hidayatullah.

"Wah... jamaah zuhur di Mushalla Al Maghfirah, Regensi I pindah kesini pak, karena isinya semua jamaah Al-Maghfirah" demikian tutur pak Suhud setengah bercanda, usai shalat berjamaah.

Selesai shalat jamaah, peserta  berjalan bersama-sama menyusuri pantai. Dari pengamatan penulis Pantai Samudra Baru, sebenarnya cukup menarik untuk dikunjungi, namun sayang di beberapa lokasi terlihat kurang perawatan. Sampah-sampah yang terbawa air pasang jarang dibersihkan. Sementara air pantai agak berwarna kuning, mungkin karena lokasi tersebut dekat dengan muara, sehingga air sungai yang keruh memenuhi  pantai Samudra Baru tesrebut, bercampur dengan air laut.

Sebelum pulang, peserta dikumpulkan oleh ketua RW dan Panitia, sambil lesehan dan sebagian ada yang berdiri. Ketua RW mengucapkan terimakasih pada Cak Robi cs yang telah mengorganisir acara ini, dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh peserta.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada panitia dan semua peserta yang ikut dalam kegiatan jalan-jalan dan bakar ikan ini. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, RW 03 semakin kompak, bersatu padu dan semakin lancar melaksankan kegaitan-kegiatan kemasyarakatan yang telah kita rencanakan bersama". Demikian sambutan penutupan ketua RW 03.

Setelah foto bersama, kemudian seluruh peserta berjalan bersama menuju parkiran mobil untuk pulang kembali ke Regensi I. Harapan peserta, suatu saat seluruh warga RW 03 bisa  jalan-jalan bersama. Semoga terwujud. Dan pastinya itu memerlukan persiapan yang matang dan panitia yang solid. ..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar