Minggu, 23 Juni 2013

Kebersamaan Warga di Lomba K3 dan Nasi Goreng

Untuk kedua kalinya dalam kepengurusan RW 03 periode 2012-2014, diadakan lomba Kebersihan, Keamanan dan Kebersamaan (K3) serta lomba Nasi Goreng. Kegiatan yang diadakan pada hari Minggu, 23/06/2013 tesebut dimaksudkan untuk memupuk kebersamaan dan kepedulian warga terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, dengan diadakan lomba lingkungan menjadi bersih, indah dan rapi.

Kegiatan lomba K3 diikuti oleh seluruh RT yang ada di lingkungan RW 03, yaitu RT 01 s.d RT 10, sedangkan lomba Nasi Goreng hanya diikuti oleh 9 RT, minus RT 09, karena kesibukan warganya berdagang di hari Minggu. RT 09 terletak di Blok M1 dan M2 semua bangunannya adalah Ruko (rumah toko).


Penilaian lomba K3 dilakukan oleh 5 orang juri yang berasal dari luar RW 03, yakni Staf Kelurahan, Staf Puskesmas, K3 RW 05, K3 RW 06 dan K3 RW 07, sedangkan lomba Nasi Goreng oleh 3 orang Ibu-Ibu pengurus Posyandu dari RW 05, RW 06 dan RW 07.

Acara lomba K3 diawali dengan pembukaan dan sambutan ketua RW 03, dilanjutkan dengan briefing para dewan juri, yang dikoordinatori oleh Bapak Hamdani, K3 RW 06 sekaligus sekretaris Tim Linmas Bersama se Bekasi Regensi I.

Kriteria lomba K3 meliputi

  1. Jalan
  2. Saluran air/got
  3. Bangunan
  4. Penghijauan
  5. Pos ronda

Sedangkan kriteria lomba Nasi Goreng meliputi:

  1. Variasi nasi goreng: bentuk, hiasan dan kelengkapannya
  2. Rasanya
  3. Kesesuaian biaya yang dikeluarkan
Tepat puku 8.00 kegiatan lomba K3 dimulai dengan start awal dari RT 06 yang berlokasi paling belakang dari wilayah RW 03, kemudian RT 05, RT 04, RT 03, RT 02, RT 01, RT 07, RT 08, RT 10 dan terakhir RT 09. Sie K3 RW 03 dan pengurus masing-masing RT mendampingi para dewan juri tersebut.

Jika ada pertanyaan detil, misalnya tentang pembangunan jalan lingkungan, pengerukan got, jadwal ronda, penghijauan, batas wilayah RT dll, dewan juri langsung bertanya pada pengurus RT bersangkutan.

Untuk loma Nasi Goreng, karena diperlukan persiapan, penataan kompor, meja, bahan-bahan dll, maka lomba baru bisa dilaksanakan pada Jam 9.00. Juru masak masing-masing RT yang terdiri 3-4 orang ibu-ibu sibuk mempersiapkan bumbu-bumbu yang telah disiapkan. Nasi yang telah dimasak di rumah diracik, diuleg, kemudian menumis bumbu dan menggongseng nasi goreng. Waktu yang diberikan panitia adalah 2 jam, dari mulai meracik bumbu hingga menata nasi goreng untuk disajikan.

Kreatifitas ibu-ibu diuji dalam lomba ini, dari mulai rasa, cara memasak, hingga hidangan dan penataan yang menarik dengan berbagai variasi hiasan.

Tim juri sudah menilai dari mulai memasak, namun sebelum penilaian akhir yaitu variasi hidangannya, masing-masing tim peserta harus menampilkan yel-yel agar lebih semangat. Satu-persatu tim juri menialai Nasi Goreng kreasi ibu-ibu RW 03.

Kegiatan lomba ini diakhiri jam 11.30, dengan menyantap nasi goreng, kreasi ibu-ibu. Seluruh peserta, tim juri, pantia dan warga secara bersama-sama menikmati nasi goreng dengan berbagai rasa tersebut. Alhamdulillah semua kegiatan berjalan dengan lancar.

Untuk memberikan surprise kepada warga RW 03, maka pengumuman pemenang lomba K3 dan Nasi Goreng ini akan dilakukan pada saat acara Halal bi Halal Lebaran bulan Agustus nanti, bersamaan dengan pengumuman Lomba Balita Sehat dan Futsal Remaja. Jadi untuk seluruh warga harap bersabar, karena akan ada kejutan dimalam Halal bi Halal nanti... untuk itu jangan lupa hadir ya. Semua warga akan diundang oleh panitia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar