Selasa, 14 Mei 2013

Forum RW se Bekasi Regensi I

Untuk mempererat silaturahim dan mengintegrasikan kegiatan se Perumahan Bekasi Regensi I, maka sejak s tahun 2003 telah di gagas terbentuknya Forum RW se Bekasi Regensi I, yang anggotanya terdiri dari seluruh RW yang ada di perumahan tersebut, yaitu RW 03, RW 05, RW 06 dan RW 07.

Kegiatan-kegiatan forum yang sudah direncanakan waktu itu tidak mulus dilaksanakan karena berbagai kendala. Forum RW baru dapat benar-benar terealisasi dan melaksanakan program kerja secara bersama-sama sejak kepemimpinan forum dijabat oleh Bapak Riyanto Mustafa (Ketua RW 05), pada tahun 2007.

Secara berkala setiap 2 bulan sekali forum RW mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan kegaitan bersama, diantaranya adalah pembelian tanah makam bersama untuk seluruh warga se perumahan bekasi. Pembelian tanah pemakaman tersebut lokasinya menumpang dengan pemakaman warga kampung, yang berlokasi di Selang Bojong. Saat itu baru 3 RW yang membeli tanah makam, yaitu RW 03, RW 05 dan RW 07, masing-masing 100 meter per RW.


Setelah jatah tanah pemakaman hampir penuh, maka digagas lagi pembelian makam baru, yang lokasinya bersebelahan dengan tanah makam lama. Namun untuk yang ini tidak menumpang dengan pemakaman lain. Panitia Pemakaman dan Forum RW membelinya langsung dari pemilik tanah, dengan luas 1400 m2, seharga Rp 130.000 per m2. Uang pembelian tanah makam tersebut didapat dari warga yang menjadi anggota pemakaman, dengan iuran sebesar Rp 110.000 per KK.

Setelah Bapak Rianto meninggal dunia, kememimpinan forum dialanjutkan oleh ketua RW 05 terpilih, yaitu Bapak H. Basis Syarif, selama 3 tahun. Periode kepengurusan ini melanjutkan program bersama kerja sebelumnya.

Kegitan forum RW yang tujuannya menciptakan ketentraman, kenyamanan dan keamanan warga Perumahan Bekasi Regensi terus berkembang. Rapat-rapat secara rutin dilakukan setiap dua bulan sekal. Tuan rumah rapat bergantian diantara ke empat RW yang ada di Regensi.

Pada bulan Juni 2012 Perumahan Regensi I telah resmi di serahkan dari pengembang PT. Panca Muara Jaya ke Pemda Kabupaten Bekasi, dengan demikian maka seluruh tanggungjawab kebersihan, kemanan, jalan dll menjadi tanggungjawab warga.

Untuk menyikapi hal tersebut, RW 03 mengusulkan pada forum untuk membentuk pengamanan bersama, yatu keluar masuk kendaraan dari dan ke Perumahan Bekasi Regensi I hanya melalui 1 pintu utama, terutama pada jam-jam rawan gangguan keamanan, yaitu jam 23.00 s/d jam 05.00 WIB. Usulan tersebut mendapat persetujuan dari seluruh anggota forum, dengan membentuk Tim Keamanan Terpadi yang diketuai oleh Bapak Haryono, K3 RW 06, dengan Sekretaris Bapak Hamdani (K3 RW 06), Bendahara Bapak Agus Salim (K3 RW 03) dan anggota seluruh K3 masing-masing RW.

Tim Kemanan Terpadi atau disebut juga Tim Linmas Bersama, bekerja dan berkoordinasi dengan sangat baik, terbukti hanya sekitar 2 bulan bekerja, telah mampu menerapkan program-program kerjanya, yaitu mencetak sticker pengamanan untuk kendaraan warga, Membangun Pos Jaga utama di gerbang masuk  perumahan yang biayanya dari hasil penjualan sticker kendaraan ke warga, membentuk tim Linmas yang bertugs secara bergantian di Pintu Gerbang Utama. Untuk memberikan 'greget' kebersamaan maka peresmian penggunaan Pos Kemanan Utama tersebut dilakukan oleh Bapak Lurah Wanasari, pada tanggal 10 Maret 2013.

Untuk mendukung kerja pengamanan, maka seluruh Tim Limas se Prumahan Bekasi Regensi I yang berjumlah 16 orang, seluruh ketua RT, ketua RW, Tim K3 dan beberapa warga telah dilengkapi dengan alat radio komunikasi  Handy Talky (HT), saat ini Bapak Ondra Hadi (RW 07) diberikan kepercaayaan sebagai koordinator Rakom, dengan koordinator lapangan (Korlap) Bapak Hartono (RW 07), dan dibentuk juga koordinator Rakom di tingkat RW.

Setelah lebih kuran 3 bulan penerapan keamanan terpadu, kini warga sudah merasakan kenyamanan tinggal di Perumahan Bekasi Regensi, karena bentuk-bentuk kejahatan seperti, pencurian kendaraan, pembongkaran rumah, kenakalan remaja pada malam hari, dll dapat diminimalisir, bahkan bisa dikatakan sudah sangat jarang terjadi.

Forum RW se Bekasi Regensi akan terus bekerjasama dan berkoordinasi untuk kepentingan seluruh warga se Bekasi Regensi, saat ini RW 03 tengah mengusulkan untuk pengecoran jalan utama dalam jangka panjang, dengan dana yang berasal dari pemilik usaha, pemilik kendaraan motor dan mobil, serta warga se Perumahan Bekasi Regensi I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar